Rabu, 05 Oktober 2016

Cara perawatan Traktor sawah (Quick Capung metal )


CARA PERAWATAN Traktor sawah  (MAINTENANCE)

Perhatikanlah keterangan-keterangan cara perawatan traktor di bawah ini:

1. Perhatikan Buku Petunjuk Perawatan Motor Penggerak dan ikuti petunjuk perawatan yang ada.

2. Perhatikanlah gejala-gejala / keanehan yang timbul pada saat pengoperasian (suara berisik, performa yang menurun, kebocoran oli, dsb.). Segera cari penyebabnya dan lakukan perbaikan/penggantian komponen seperlunya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

3. Sebelum menjalankan traktor, periksalah minyak pelumas, bahan bakar, kekencangan baut, tegangan V-Belt, dan kelengkapan lainnya untuk memastikan traktor dapat beroperasi dengan baik.

4. Gantilah minyak pelumas Gear Box traktor setelah pemakaian 600 jam, menggunakan minyak pelumas SAE 90-140 sebanyak 3.2 liter.

5. Lakukan pelumasan yang teratur pada komponen-komponen yang memerlukan pelumasan; seperti: Tension Handle, Steering Linkage, Shifting Lever, dsb.


6. Jika ada indikasi keausan pada bidang kontak (dog) antara Steering Gear dengan Gear 45T, tukarkan posisi Steering Gear kiri dan kanan. Pastikan Clutch Spring terpasang dengan benar, antara yang kiri dengan yang kanan. Steering Gear terpasang pada Coupling Shaft di dalam Gear Box, yaitu Shaft (as) no. 2 dari bawah.


7. Jika terjadi indikasi kebocoran oli pada as roda, maka keluarkan oli kemudian lepas 4 buah baut M8 yang mengikat Seal Housing dengan Gear Box. Kemudian tarik as roda ke arah luar secara merata. As roda akan tertarik keluar bersama dengan seal housing, oil seal (2 buah), bearing luar, main collar dan stopper ring. Periksalah oil seal serta bearing, ganti jika oil seal maupun bearing sudah tidak baik. (Untuk mempermudah pemasangan, beri grease secukupnya dan pasang oil seal pada seal housing terlebih dahulu.)

Perhatian :

Pada saat bongkar pasang (maintenance), hindari benturan antar komponen atau benda lain yang dapat mengakibatkan cacat pada komponen. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepresisian dari komponen tersebut.



8. Jika terjadi indikasi kebocoran oli pada input shaft, maka periksalah seal dan bearing input shaft. Lepas main pulley terlebih dahulu, baru kemudian lepas baut input bearing housing yang berjumlah. Setelah itu tarik input bearing housing keluar untuk memeriksa bearing dan oil seal. Lakukan penggantian, jika bearing dan oil seal sudah tidak baik.


“TROUBLESHOOTING”

Berikut ini adalah analisa masalah yang mungkin timbul saat mengoperasikan traktor, berikut alternatif pemecahannya.



PERMASALAHAN CARA MENGATASI


1.Traktor dalam keadaan bekerja, tiba-tiba motor penggerak berputar dengan berat / motor penggerak terasa akan mati (biasanya terjadi di tanah yang mempunyai variasi keda-laman yang besar).


Angkat stang untuk mengurangi kedalaman luku sampai dengan motor penggerak bekerja normal kembali dan sesuaikan putaran motor penggerak (atur besarnya gas).


2. Traktor macet karena tidak   Aturlah kedalaman luku dengan ulir pengatur

kuat menarik  luku yang yang tersedia.  Jika hal ini tidak menyelesaikan masuk ketanah terlalu masalah, tarik pen (Hitch Pin) atau baut pada dalam.batang luku untuk melepaskan luku, kemudian jalankan traktor tanpa luku sambil stang traktor diangkat  ke  atas.Pasang kembali  setelah traktor berjalan normal.

3. Roda traktor berputar pada tempatnya (slip).

Bersihkan roda traktor dari gubalan tanah yang tempatnya (slip). Hal ini menempel. Usahakan membersihkan tanah sering terjadi pada tanah sedini mungkin. Aliri lahan sawah dengan air setengah kering, setengah secukupnya.

basah dan tanah menempel pada roda (blocking).

4. Traktor terasa akan terguling

Secepatnya  matikan  motor  penggerak  untuk/ terbalik saat dijalankan. menghindari masuknya air ke dalam inlet udara  motor  penggerak  jika  traktor  benar-benar terguling / terbalik.

5. Traktor sering belok sendiri

Pastikan  juga  bahwa  stelan  kopling  sudah tanpa dikopling. benar. Pastikan pegas kopling (Clutch Spring) berada dalam posisi yang benar (tidak terbalik kiri-kanan, lihat gambar hal-19).Tukarkan posisi Steering Gear kiri dan kanan jika bidang kontak (dog) Sprocket dan Steering Gear aus. Pastikan Clutch Spring tetap dalam posisi yang benar.


6. V-Belt cepat putus (rusak).


Pastikan Pulley Utama dan Pulley Mesin Penggerak pada posisi lurus sehingga V-Belt juga terpasang lurus.Saat Tension Pulley bekerja (Tension Handle ditekan ke depan), aturlah kekencangan V-Belt dengan cara membebani tegak lurus di pertengahan panjang V-Belt seberat 2 kg kemudian aturlah Tension Rod Adjusment sehingga defleksi V-Belt sebesar ± 1½ cm.Kontrol kekencangan (tegangan) V-Belt setelah pemakaian 24 jam pertama dan aturlah kembali jika terjadi perubahan.


7. Stang ketinggian atau Stel  pengaturan  ketinggian  pada  implement,kerendahan sehingga  didapatkan  ketinggian  stang  yang diinginkan.  (Luku,  Glebeg  dan  Garu  padaHeadnya)

8. Roda traktor terperosok Ambil seutas tali, lalu ikatkan salah satu ujung kedalam lubang / sumur tali pada bagian tengah sepatu roda dan ujung sawah.yang  lain  diikatkan  pada  batang  pohon  atau tonggak yang kokoh, setelah itu jalankan traktor. Saat traktor dijalankan tali yang terikat pada sepatu roda akan menggulung pada roda dan kemudian  akan  menarik  traktor  keluar  dari lubang / sumur sawah tersebut.

Untuk informasi dan pemesanan silahkan
Hubungi kami di no telp

 085773047691 / 081213965753

atau emailkan penawaran anda ke : iasgroups@yahoo.com


MELAYANI PEMESANAN UNTUK SELURUH WILAYAH INDONESIA






Tagged post : traktor tangan quick,traktor tangan quick g 1000 boxer,traktor tangan quick mini,traktor tangan quick capung metal,traktor tangan quick impala,traktor tangan quick g1000,traktor tangan quick harga,traktor tangan quick g600,traktor tangan quick capung,traktor tangan quick bekas,traktor sawah quick,harga traktor tangan quick bekas,harga traktor bajak sawah quick,harga traktor tangan quick capung,traktor quick di sawah,harga traktor tangan quick g 1000 boxer,harga traktor tangan quick g 600,harga traktor tangan quick impala,harga traktor sawah quick,traktor quick membajak sawah,traktor tangan merk quick,video traktor quick membajak sawah,traktor tangan quick zena rotary,traktor tangan quick tl 800,traktor tangan quick zena,harga traktor tangan quick zena rotary,harga traktor tangan quick zena,traktor tangan quick 1000,traktor tangan quick g 1000,traktor tangan quick g 600,traktor sawah kubota




BMB GROUP

About BMB GROUP

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
26 Maret 2019 pukul 19.33 delete

Tractor jika belok bersuara klutuk2 mojon infonya

Reply
avatar