Rabu, 12 Oktober 2016

CARA MEMPERBAIKI TRAKTOR QUICK G1000

CARA  PERAWATAN (MAINTENANCE)

Perhatikanlah keterangan-keterangan cara perawatan traktor di bawah ini:
1.    Perhatikan Buku Petunjuk Perawatan Diesel Penggerak dan ikuti petunjuk perawatan yang ada.
2.    Perhatikanlah gejala-gejala/keanehan yang timbul pada saat pengoperasian (suara berisik, “performa” yang menurun, kebocoran oli, dsb.). Segera cari penyebabnya dan lakukan perbaikan/penggantian komponen seperlunya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
3.    Sebelum menjalankan traktor, periksalah minyak pelumas, bahan bakar, kekencangan baut, tegangan V-Belt, dan kelengkapan lainnya untuk memastikan traktor dapat beroperasi dengan baik.
4.    Gantilah minyak pelumas Gear Box traktor setelah pemakaian 600 jam, menggunakan minyak pelumas SAE 90-140 sebanyak 5 liter
5. Lakukan pelumasan yang teratur pada komponenkomponen
yang memerlukan pelumasan; seperti: Tension Handle, Steering
Linkage, Shifting Lever, dsb.
6. Jika ada indikasi keausan pada bidang kontak (dog) antara
Steering Gear dengan Sprocket 30T, tukarkan posisi Steering Gear kiri dan kanan
dan putar Sprocket 30 T sehingga sisi kiri menjadi sisi kanan. Pastikan Clutch
Spring terpasang dengan benar, antara yang kiri dengan yang kanan. Steering
Gear terpasang pada Coupling Shaft di dalam Gear Box, yaitu Shaft (as) no. 3 dari
bawah. Kanan :

“TROUBLESHOOTING”
Berikut ini adalah analisa masalah yang mungkin timbul saat mengoperasikan traktor,
berikut alternatif pemecahannya.

1. Traktor dalam keadaan bekerja, tiba-tiba diesel berputar dengan berat, asap diesel menjadi hitam, diesel terasa akan mati (biasanya terjadi di tanah yang mempunyai variasi kedalaman yang besar).

Cara memperbaiki : Angkat stang untuk mengurangi kedalaman luku sampai dengan diesel bekerja normal kembali dan sesuaikan putaran diesel (atur besarnya gas).

2. Traktor macet karena tidak kuat menarik luku yang ma-suk ke tanah terlalu dalam.

Cara memperbaiki : Aturlah kedalaman luku dengan ulir pengatur yang tersedia. Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, tarik pen (Hitch Pin) atau baut pada batang luku untuk melepaskan luku, kemudian jalankan traktor tanpa luku sambil stang traktor diangkat ke atas. Pasang kembali setelah traktor berjalan normal.

3. Traktor berjalan tidak lurus sehingga operator harus menahan dorongan stang ke samping (biasanya karena salah satu roda slip).

Cara memperbaiki : Pindahkan pen (Hitch Pin) ke lubang tengah sehingga traktor dapat berjalan normal kembali.

4. Roda traktor berputar pada tempatnya (slip). Hal ini sering terjadi pada tanah setengah kering/ setengah basah dan tanah menempel pada roda (blocking).

Cara memperbaiki :Bersihkan roda traktor dari gumpalan tanah yang menempel. Usahakan membersihkan tanah sedini mungkin. Aliri lahan sawah dengan air secukupnya.

5. Traktor terasa akan terguling /terbalik saat dijalankan.

 Cara memperbaiki : Secepatnya matikan diesel untuk menghindari masuknya air ke dalam inlet udara diesel jika traktor benar-benar terguling / terbalik.

6. Traktor sering belok sendiri tanpa dikopling.

 Cara memperbaiki : Pastikan juga bahwa setelan kopling sudah benar. Pastikan pegas kopling (Clutch Spring) berada dalam posisi yang benar (tidak terbalik kiri-kanan, lihat gambar hal-20). Tukarkan posisi Steering Gear kiri dan kanan jika bidang kontak (dog) Sprocket dan Steering Gear aus. Pastikan Clutch Spring tetap dalam posisi yang benar.

7. V-Belt cepat putus (rusak).

 Cara memperbaiki : Pastikan Pulley Utama dan Pulley Diesel pada posisi lurus sehingga V-Belt juga terpasang lurus. Aturlah kekencangan V-Belt dengan cara membebani tegak lurus di pertengahan panjang V-Belt seberat 2 kg kemudian aturlah Tension Rod Adjusment sehingga defleksi V-Belt sebesar ± 1½ cm. Kontrol kekencangan (tegangan) V-Belt setelah pemakaian 24 jam pertama dan aturlah jika terjadi perubahan.

8. Roda traktor terperosok kedalam lubang / sumur sawah.

 Cara memperbaiki :Ambil seutas tali, lalu ikatkan salah satu ujung tali pada bagian tengah sepatu roda dan ujung yang lain diikatkan pada batang pohon atau tonggak yang kokoh, setelah itu jalankan traktor. Saat traktor dijalankan tali yang terikat pada sepatu roda akan menggulung pada roda dan kemudian akan menarik traktor keluar dari lubang / sumur sawah tersebut.


DEMIKIAN ARTIKEL INI SEMOGA BISA BERMANFAAT BAGI ANDA
Anda butuh traktor untuk perlengkapan pertanian anda?
beli aja disini...
Untuk informasi dan pemesanan silahkan
Hubungi kami di no telp
 085647764115
atau emailkan penawaran anda ke : binamakmursejati1@gmail.com
MELAYANI PEMESANAN UNTUK SELURUH WILAYAH INDONESIA



JANGAN LUPA SHARE YA !!

IASGROUPSFABRICATION

About IASGROUPSFABRICATION

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

6 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
2 Januari 2018 pukul 05.33 delete

Mantap sgt bermanfaat

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
4 Desember 2018 pukul 17.39 delete

Kenapa. Traktor saya. Berat jalannya . Susah narik .kurang tenaga.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
20 Desember 2018 pukul 12.35 delete

Iya nih, kasusnya sama, cuma nanjak dikit tp nggak mau jalan, mesin dan poli juga mutar tp roda brenti. Suara mesin juga tidak berat. Tp kayak lemot. Udah pake gigi 1 malahan, tp kayak berattttt sekali

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 Februari 2019 pukul 07.04 delete

Traktor sy kubota Quick G 1000 terbalik dan tenggelam dlm lumpur,setelah semuanya dibersihkan bahkan bahan bakarnya diganti baru tp tetap gak mau hidup,kira2 apalagi masalahnya mas bro

Reply
avatar
Helboy
AUTHOR
19 Mei 2019 pukul 07.29 delete

Saya punya traktor tp saat jalan kadang berbelok sendiri...minta solusi gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
2 September 2019 pukul 07.34 delete

Kenapa traktor gak bisa belok kanan tolong infonya,... trim's

Reply
avatar