Rabu, 12 Oktober 2016

Cara perawatan traktor sawah quick g 600

CARA PERAWATAN (MAINTENANCE)



Perhatikanlah keterangan-keterangan cara perawatan traktor di bawah ini:

  1. Perhatikan Buku Petunjuk Perawatan Diesel Penggerak dan ikuti petunjuk perawatan yang ada.
  2. Perhatikanlah gejala-gejala/keanehan yang timbul pada saat pengoperasian (suara berisik, performa yang menurun, kebocoran oli, dsb.). Segera cari penyebabnya dan lakukan perbaikan/penggantian komponen seperlunya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
  3. Sebelum menjalankan traktor, periksalah minyak pelumas,bahan bakar, kekencangan baut, tegangan V-Belt, dan kelengkapan lainnya untuk memastikan traktor dapat beroperasi dengan baik.
  4. Gantilah  minyak  pelumas  Gear  Box  traktor  setelah pemakaian 600 jam, menggunakan minyak pelumas SAE 90-140 sebanyak 3,5 liter. 
  5. Lakukan  pelumasan  yang   teratur  pada  komponen- komponen yang memerlukan pelumasan; seperti: Clutch Handle, Steering Linkage,Shifting Lever, dsb.
  6. Jika ada indikasi keausan pada bidang kontak (dog) antara Steering Gear dengan Gear, 40T, tukarkan posisi Steering Gear kiri dan kanan. Pastikan Clutch Spring terpasang dengan benar, antara yang kiri dengan yang kanan. Steering Gear terpasang pada Coupling Shaft di dalam Gear Box, yaitu Shaft (as) no. 3 dari bawah.

“TROUBLESHOOTING”

Berikut ini adalah analisa masalah yang mungkin timbul saat mengoperasikan traktor,
berikut alternatif pemecahannya.

1. Traktor dalam keadaan bekerja,tiba-tiba diesel berputar dengan berat, asap diesel menjadi hitam,diesel terasa akan mati (biasanya terjadi di tanah yang mempunyai variasi kedalaman yang besar).

Cara mengatasi : Angkat stang untuk mengurangi kedalaman luku sampai dengan diesel bekerja normal kembali dan sesuaikan putaran diesel (atur besarnya gas).

2. Traktor macet karena tidak kuat menarik luku yang masuk ke tanah terlalu dalam.

Cara mengatasi : Aturlah kedalaman luku dengan ulir pengatur yang tersedia. Jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, tarik pen (Hitch Pin) atau baut pada batang luku untuk melepaskan luku, kemudian jalankan traktor tanpa luku sambil stang traktor diangkat ke atas. Pasang kembali setelah traktor berjalan normal

3. Traktor berjalan tidak lurus sehingga operator harus menahan dorongan stang ke samping (biasanya karena salah satu roda slip).

Cara mengatasi : Pindahkan pen (Hitch Pin) ke lubang tengah sehingga traktor dapat berjalan normal kembali.

4. Roda traktor berputar pada tempatnya (slip). Hal ini sering terjadi pada tanah setengah kering / setengah basah dan tanah menempel pada roda (blocking).

Cara mengatasi : Bersihkan roda traktor dari gumpalan tanah yang menempel. Usahakan membersihkan tanah sedini mungkin. Aliri lahan sawah dengan air secukupnya.

5. Traktor terasa akan terguling / terbalik saat dijalankan.

Cara mengatasi : Secepatnya matikan diesel untuk menghindari masuknya air ke dalam inlet udara diesel jika traktor benar-benar terguling / terbalik.

6. Traktor sering belok sendiri tanpa dikopling.

Cara mengatasi : Pastikan juga bahwa setelan kopling sudah benar. Pastikan pegas kopling (Clutch Spring) berada dalam posisi yang benar (tidak terbalik kiri-kanan, lihat gambar hal-19). Tukarkan posisi Steering Gear kiri dan kanan jika bidang kontak (dog) Sprocket dan Steering Gear aus. Pastikan Clutch Spring tetap dalam posisi yang benar.

7. V-Belt cepat putus (rusak).

Cara mengatasi : Pastikan Pulley Utama dan Pulley Diesel pada posisi lurus sehingga V-Belt juga terpasang lurus. Aturlah kekencangan V-Belt dengan cara membebani tegak lurus di pertengahan panjang V-Belt seberat 2 kg kemudian aturlah Tension Rod Adjustment sehingga defleksi V-Belt sebesar ± 1½ cm. Kontrol kekencangan (tegangan) V-Belt setelah pemakaian 24 jam pertama dan aturlah jika terjadi perubahan.

8. Roda traktor terperosok kedalam lubang / sumur sawah.

Cara mengatasi : Ambil seutas tali, lalu ikatkan salah satu ujung tali pada bagian tengah sepatu roda dan ujung yang lain diikatkan pada batang pohon atau tonggak yang kokoh, setelah itu jalankan traktor. Saat traktor dijalankan tali yang terikat pada sepatu roda akan menggulung pada roda dan kemudian akan menarik traktor keluar dari lubang / sumur sawah tersebut.

DEMIKIAN ARTIKEL INI SEMOGA BISA BERMANFAAT BAGI ANDA
Abda butuh traktor untuk perlengkapan pertanian anda?
beli aja disini...
Untuk informasi dan pemesanan silahkan
Hubungi kami di no telp

 085773047691 / 081213965753
atau emailkan penawaran anda ke : iasgroups@yahoo.com
MELAYANI PEMESANAN UNTUK SELURUH WILAYAH INDONESIA

JANGAN LUPA SHARE YA !!
Tagged post:
traktor tangan quick,,traktor tangan quick g 1000 boxer,traktor tangan quick mini,traktor tangan quick,capung metal,,traktor tangan quick impala,traktor tangan quick g1000,traktor tangan quick harga,traktor tangan quick g600,traktor tangan quick capung,traktor tangan quick bekas,traktor sawah quick,harga traktor tangan quick bekas,harga traktor bajak sawah quick,harga traktor tangan quick capung,traktor quick di sawah,harga traktor tangan quick g 1000 boxer,harga traktor tangan quick g 600,harga traktor tangan quick impala,harga traktor sawah quick,traktor quick membajak sawah,traktortangan merk quick,video traktor quick membajak sawah,traktor tangan quick zena rotary,traktor tangan quick tl 800,traktor tangan quick zena,harga traktor tangan quick zena rotary,harga traktor tangan quick zena,traktor tangan quick 1000,traktor tangan quick g 1000,traktor tangan quick g 600,traktor sawah kubota

IASGROUPSFABRICATION

About IASGROUPSFABRICATION

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
Joy
AUTHOR
2 Januari 2020 pukul 03.12 delete

Tolong berikan buku petunjuk g600 gan dalam bentuk pdf.

Agar mudah disaat prnggantian komponen

Reply
avatar
Joy
AUTHOR
2 Januari 2020 pukul 03.12 delete

Tolong berikan buku petunjuk g600 gan dalam bentuk pdf.

Agar mudah disaat prnggantian komponen

Reply
avatar